Tips untuk Pelaku UMKM Sebelum Bergabung dengan Platform Digital

Tips untuk UMKM Sebelum Bergabung dengan Platform Digital

Share : 20 May 2021

Pemerintah terus berupaya agar pelaku usaha UMKM beralih ke platform digital untuk tetap memiliki pasar dari penjualan produknya, terutama semenjak Covid-19 melanda. Hal ini sebagai akibat dari pembatasan mobilitas manusia demi mengendalikan penyebaran virus corona.

Sebagai pelaku usaha, Founder Roti Eneng & Sepiring Cerita, Sarah Diana Oktavia mengaku tetap berhati-hati dalam merespons kebijakan tersebut. Pandemi memang membuat bisnisnya ikut terdampak, namun hal itu tak lantas membuat dirinya asal bergabung dengan platform digital untuk menjajakan produknya.

Sebelum memutuskan untuk beralih ke ekosistem digital, Sarah mencari tahu lebih dulu keuntungan yang bisa didapatkannya bila bergabung dengan sebuah platform digital.

"Waktu itu saya cari tahu dulu apa sih yang bisa ditawarkan dan kelebihannya kalau saya bergabung," kata Sarah dalam Dialog Geliat Digitalisasi UMKM, Jakarta, Rabu (19/5).

Sebagai pelaku usaha, kata Sarah penting baginya mengetahui fasilitas yang didapat ketika bergabung dengan e-commerce. Mulai dari cara kerja perusahaan, cara perusahaan mempromosikan produk hingga cara membedakan produk serupa yang dijual di tempat yang sama.

"Saya harus tahu dulu gimana cara merka kerja, cara mereka memasarkan produk saya sampai cara membedakan produk saya sendiri dengan produk lain yang sama," kata dia.

Akhirnya Memutuskan Bergabung

Setelah berbagai pertanyaan tersebut terjawab, Sarah akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan platform digital untuk menjual produknya. Terlepas dari adanya pandemi atau tidak, Sarah mengaku sejak beralih ke sistem digital, penjualan roti yang dibuatnya mengalami peningkatan.

Permintaan produk meningkat dan omzet pun turut mengikuti. Bahkan dia harus membuka dapur baru karena banjirnya pesanan dari pasar digital.

"Roti Eneng ini sekarang tambah satu dapur lagi karena permintaan di market place ini tinggi," kata dia.

Dia mengakui, pandemi Covid-19 membuat dirinya sebagai pelaku usaha harus terus bangkit dan memanfaatkan yang ada. Tanpa adanya pandemi dan transformasi digital belum tentu usahanya bisa berkembang seperti sekarang.



Sumber : merdeka.com

Tips untuk UMKM Sebelum Bergabung dengan Platform Digital